Manajemen Majalah Madrasah

 

Mengisi materi di MA NU Al Mustaqim. 


Pendahuluan

Majalah madrasah adalah salah satu bentuk media. Media ini bisa terbit berkala baik enam bulan (satu semester) atau setahun sekali. 


Selain majalah media madrasah yang lain yaitu buletin, mading, dan tabloid. Di era teknologi seperti saat ini, madrasah juga bisa mengelola website maupun media berbasis internet yang lain. 


Tujuan

  • Media Syiar
  • Media Promosi
  • Sarana Dokumentasi
  • Wahana Berlatih
  • Jurnalis Andal


Langkah-langkah

  • Membentuk Redaksi
  • Merancang Majalah
  • Mengajukan Proposal
  • Iklan & Kerja Sama
  • Percetakan


Membentuk Keredaksian

Redaksi adalah struktur pengelola majalah. Struktur pengelola/ redaksi sesuai dengan kebutuhan madrasah. Karena redaksi yang ada di media tidak sama. 


Jika di madrasah mengelola majalah adalah hal yang baru maka baiknya perlu diadakan pelatihan atau workshop jurnalistik. Diadakannya kegiatan tersebut agar siswa tahu seluk-beluk jurnalistik. Adapun madrasah yang sudah berkegiatan jurnalistik sejak lama tinggal merutinkan pelatihan/ workshop serta menerbitkan media madrasah secara berkelanjutan. 


Susunan Redaksi

  • Pelindung
  • Penanggung Jawab 
  • Pemimpin Umum
  • Pemimpin Redaksi
  • Sekretaris Redaksi
  • Editor 
  • Bendahara 
  • Redaktur 
  • Layouter
  • Periklanan


Rubrikasi

  • Salam Redaksi (Muqadimah)  
  • Surat Pembaca  
  • Laporan/ Reportase
  • Opini (Fikr) 
  • Tips 
  • Cerpen (Qisah) 
  • Puisi (Syair) 
  • Humor (Tabassam)  
  • Iptek (Tehnoloji) 
  • Wisata (Ziarah)
  • Resensi 
  • Profil (Uswah) 
  • Teka-teki Silang (TTS)
  • Karikatur 


Rapat Redaksi

Dihadiri segenap tim redaksi

Menentukan tema utama

Menentukan rubrikasi, dan berbagai pihak yang diwawancarai.

Pembagian Job Desk. 

Menentukan deadline naskah, editing, layout, pra cetak, cetak, dan distribusi.


Proposal & Iklan

Proposal majalah madrasah bisa diajukan ke pihak madrasah agar mendapatkan anggaran rutin setiap kali terbit. 

Adapun untuk iklan atau sponsor bisa diajukan ke perusahaan, instansi, dermawan, alumni, dan sebagainya. 


Cetak & Distribusi 

Pra Cetak

Layout/ tata letak majalah, desain cover, dan isi.

Selesai layout diprint out kemudian disunting sekali lagi.


Cetak 

Proses cetak di percetakan. 


Sasaran distribusi utama murid, guru, dan perpustakaan madrasah.


Sasaran berikutnya stakeholder pendukung; madrasah atau sekolah terdekat, dinas/ instansi terkait, pemasang iklan, dll. (Syaiful Mustaqim)


----------------

Materi disampaikan dalam Training Jurnalistik Pimpinan Komisariat IPNU IPPNU MA NU Al Mustaqim Bugel Kedung Jepara Minggu 28 Januari 2024. 

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
pojok tritis
admin
28 Januari 2024 pukul 20.22 ×

pengen meniru tapi apa daya tanpa guru miskin ilmu ...

Congrats bro pojok tritis you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar