BRI: Melayani Hingga Pelosok Negeri, Menyemai Inovasi Teknologi

Kick off 128 tahun BRI. (Foto: beritamanado.com)


Usia PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk kini memasuki 128 tahun. Memasuki usia 1 abad lebih bank yang berdiri 1895 ini menjadi satu pilar utama perkembangan ekonomi Indonesia. Sejarah BRI melampaui sejarah panjang. Saat Belanda menguasai Hindia Belanda (sekarang Indonesia) otoritas kolonial mendirikan De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren yang merupakan bank khusus pegawai negeri pribumi. 


Pada 1912 bank berubah nama menjadi Bank Pegawai Negeri (BPN). Pasca Indonesia merdeka BPN diambil alih Pemerintah Republik Indonesia. Setahun setelah merdeka pada 1946 BPN menjadi Bank BRI dan menjadi bank milik pemerintah pertama di Indonesia. 


Sejak saat itu BRI mulai mengalami perkembangan. BRI mengembangkan diri untuk lebih fokus pada pelayanan kepada rakyat hingga ke pelosok negeri terutama kepada Pahlawan UMKM dengan mendirikan kantor cabang di berbagai daerah. 


Dalam beberapa tahun terakhir BRI juga mewujudkan inovasi teknologi perbankan lewat Digitalisasi BRI. Dengan meluncurkan berbagai layanan perbankan digital, termasuk aplikasi perbankan mobile dan internet banking untuk memudahkan akses nasabah dalam bertransaksi. Dengan dua kata kunci layanan dan digitalisasi BRI untuk masyarakat merupakan sejarah panjang dalam mendukung pembangunan ekonomi dan inklusivitas keuangan negara karena BRI untuk Indonesia.  


Agen BRI Link melayani hingga pelosok negeri. (Foto: republika.co.id)

BRI, Melayani Hingga Pelosok Negeri 

BRI memastikan bahwa layanannya tidak terbatas di pusat perkotaan. Dengan membuka kantor cabang di berbagai daerah termasuk di desa terpencil BRI hadir untuk melayani kebutuhan perbankan masyarakat. 


Sebagaimana dilansir Kontan.co.id  3 September 2023 hingga akhir Juni 2023 BRI memiliki 7.980 jaringan kantor tersebar di seluruh Indonesia. Ditambah agen BRI Link dari tahun ke tahun terus bertambah. Dikutip Antaranews.com 29 Mei 2023 jumlah agen BRI Link sebanyak 654.677 pada triwulan 1/2023, melampaui target 2023 sebanyak 615 ribu agen. 


BRI konsen dampingi UMKM. (Foto: jpnn.com)


Program BRI untuk Pahlawan UMKM

BRI memiliki program untuk masyarakat maupun pahlawan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Adapun program-program tersebut antara lain: 

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR merupakan program fokus pada pemberian kredit pelaku UMKM. KUR untuk mendukung usaha makro dan mikro dengan fasilitas jaminan yang terjangkau dan persyaratan mudah. 

2. Kredit Usaha Mikro (KUM)

KUM adalah dukungan khusus usaha mikro. Program ini memberikan pinjaman dengan nilai lebih kecil sesuai dengan kebutuhan usaha mikro. 

3. Tabungan Simpedes

Adalah tabungan yang dirancang untuk masyarakat dengan pendapatan rendah. Persyaratannya lebih mudah dan memberikan berbagai keuntungan. 

4. BRI Link

BRI Link adalah program yang melibatkan mitra-mitra usaha, seperti warung dan toko kelontong, sebagai agen penyalur layanan perbankan yang tidak terjangkau kantor cabang BRI. 

5. BRI Agroniaga

BRI Agroniaga adalah program yang fokus pada sektor pertanian dengan berbagai layanan finansial, untuk mendukung petani dan pelaku usaha pertanian.

6. Lembaga Keuangan Mikro (LKM)

BRI juga mendukung pendirian dan pengembangan LKM sebagai upaya memperluas akses keuangan di tingkat lokal. 

7. Pelatihan dan Penyuluhan

Selain layanan finansial, BRI juga aktif dalam memberikan pelatihan dan penyuluhan terkait literasi keuangan dan manajemen usaha untuk masyarakat dan pelaku UMKM dalam mengelola keuangan.


Digitalisasi BRI berbasis android. (Foto: detik.com)

Inovasi Teknologi Lewat Digitalisasi BRI

BRI mempunyai trik agar nasabah bisa mendapatkan akses layanan perbankan hybrid bank. Strategi diterapkan sebagai transformasi bisnis proses, inovasi model bisnis, serta tata kelola jaringan kerja. 


Sebagaimana dilansir cnbcindonesia.com 10 Februari 2023 bahwa inovasi layanan kanal digital BRI hingga per Desember 2022, mencapai 98,41% dibandingkan konvensional sebesar 1,59%. BRImo jadi produk unggulan melayani nasabah. Untuk transaksi sampai Oktober 2022 mencapai Rp2.084 triliun, setara lebih dua kali lipat pada periode sama tahun 2021. Adapun pengguna BRImo sejumlah 73,55% atau 22,37 juta pengguna.


Jumlah transaksi periode yang sama melesat 118,10%. Transaksi BRImo juga meningkat dari 649 juta transaksi pada Oktober 2021, menjadi 1.417 juta transaksi Oktober 2022.


Digitalisasi BRI juga dilihat dari BRISPOT yang memangkas pemrosesan kredit dari 2 minggu menjadi 1 hari. Tersedia juga berbagai layanan perbankan melalui API platform BRI, BRIAPI, yang melayani lebih dari 475 partner.


BRI melayani dengan sepenuh hati. 

128 Tahun, BRI untuk Indonesia 

Selama 128 tahun, BRI bukan hanya menjadi saksi perjalanan sejarah pertumbuhan ekonomi Indonesia, tetapi juga aktif sebagai agen perubahan yang tidak mengnal lelah dalam membantu mewujudkan impian dan harapan masyarakat. Dengan tekad kuat, BRI terus menjadi mitra pembangunan dalam membentuk masa depan yang lebih baik. BRI untuk Indonesia. (Syaiful Mustaqim)

Previous
Next Post »