Bincang Kepenulisan; Menatap Masa Depan Penulis

Zoom meeting menatap masa depan penulis.

Sejak mengudara tahun 2012 soearamoeria.com hanya memproduksi tulisan, dan mempublikasikan rilis dari pengirim yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Pada akhir 2023 tepatnya bulan September saya sebagai pemimpin redaksi diundang LP Maarif NU Jawa Tengah untuk menerima penghargaan karena telah mendukung Gerakan Literasi Maarif (GLM) yang diinsiasi oleh salah satu banom tingkat Jawa Tengah tersebut. 


Dalam momen tersebut saya terpantik dengan yang disampaikan Mas Hamidulloh Ibda selaku koordinator GLM bahwa pengelola media massa tidak hanya sekadar memproduksi konten, tetapi juga memberikan edukasi, dan memperbanyak jejaring. Atas pemantik tersebut usai menerima penghargaan saya membuat program Undangan Menjadi Kontributor. 


Kemudian di tengah-tengah menjalankan program Undangan Menjadi Kontributor (program magang menulis) akhir tahun 2023 lalu saya berinisiatif menggelar zoom bertajuk Sapa Kontributor dan Bincang Kepenulisan “Menatap Masa Depan.”


Alhasil kegiatan yang diadakan Minggu (10/12/2023) tersebut terselenggara. Sebagai narasumber Mas Hamidulloh Ibda, Wakil Rektor INISNU Temanggung, MC Divisi Web dan IT Mas Azaz Riyadi, dan moderator Mbak Anjar Pratiwi mahasiswi Sastra Indonesia Universitas Diponegoro Semarang yang juga kontributor soearamoeria.com. 


Pada Agustus 2020 saat masih suasana pandemi covid, saya sebagai Ketua LTN PCNU Jepara menggelar “Sinau Nulis Bareng LTNNU Jepara” secara virtual. Waktu itu yang saya suruh untuk mengurus zoom Mas Azaz Riyadi. Tetapi saat soearamoeria.com menggelar zoom ia tidak sanggup untuk mengurusnya. Akhirnya kontributor yang saya tunjuk menjadi moderator saya minta bantuannya untuk mengurus zoom. 


“Ternyata sewa akun untuk keperluan zoom bayarnya beragam ada yang murah, ada yang mahal,” batinku setelah mengetahui info dari Mbak Anjar, perempuan asal Klaten tersebut. 


Kegiatan zoom pun berlangsung lancar. Setidaknya ada 22 peserta yang mengikuti zoom mulai dari kalangan kepala sekolah, guru, dan penulis yang berasal dari Jawa Tengah serta Jawa Timur. 


Kegiatan yang diawali pukul 09.00 – 11.00 WIB saya awali dengan sambutan sebagai pemimpin redaksi. Dalam paparan saya mulanya zoom dilaksanakan hanya untuk menyapa kontributor yang sedang magang menulis di soearamoeria.com. Agar bisa diakses masyarakat secara luas maka ditambah dengan bincang kepenulisan. Selengkapnya bisa didaras Bincang Kepenulisan, Hamidulloh Ibda: Penulis sebagai Masa Depan Intelektual


Sukses menggelar acara tersebut saya pun berkeinginan menggelar acara serupa dengan tema berbeda di lain kesempatan. InsyaAllah. (Syaiful Mustaqim)

Previous
Next Post »