Hibah Buku dari Perpustakaan Kominfo RI

Bersama pustakawan Kominfo RI, Pak Eka. 


Beberapa
waktu yang lalu tepatnya 19 Februari 2024 saya mendapat pesan wa dari Pak Eka Y. Hariyanto. Isinya pesan via android itu kurang lebihnya berisi ingin menghibahkan buku. Tawaran hibahnya untuk Praja Muda tetapi saat ini saya sudah tidak mengelolanya lagi. Kemudian saya menawar kepada Pak Eka yang asli kelahiran Jakarta tersebut. 


“Bagaimana kalau hibahnya untuk TBM Smart Pustaka, bapak?” pinta saya. 


“Boleh Bapak,” begitu jawabnya singkat. 


Ohya, mengapa saya meminta hibah untuk Smart Pustaka lantaran TBM ini juga punya sejarah tersendiri. Pada kurun 2006 – 2008 saya mengelola perpus pribadi Smart Library. Waktu itu perpus tersebut saya kelola untuk menyediakan bacaan gratis bagi pegiat Lembaga Pers Siswa (LPS) Smart yang belajar jurnalistik di rumah saya setiap sepekan sekali pada hari Jumat. 


Histori Smart Pustaka berlanjut pada Juli 2016 saya membuat instagram, dan fanspage dengan nama yang sama untuk keperluan jualan buku secara online. Alhamdulillah jualan buku masih berjalan sampai sekarang dengan segala pasang surutnya. 


Ngobrol gayeng pagi hingga sore hari. 


Nah, untuk mengabadikan nama Smart Pustaka kemudian saya gunakan nama TBM di tahun 2024 ini. 


Selang beberapa waktu, pada 1 Maret 2024 Pak Eka memberi kabar lagi. “Selamat sore Pak Syaiful, izin menginfokan 7 kardus buku seberat 343 kg dikirim Pos kargo untuk estimasi 3 hari. Tks,” begitu kabar pengiriman dari Pak Eka. 


Tiga hari sudah berlalu tetapi pengiriman hibah buku tersebut tak kunjung datang. Beberapa teman yang paham tentang jasa pengiriman kargo saya kontak. Pada hari kelima jika paketan belum datang saya berencana datang ke Kantor Pos Jepara untuk konfirmasi pengiriman. Akhirnya rencana ke Pos Jepara saya batalkan karena pagi menjelang siang saya sudah mendapat kabar dari Pos Kalinyamatan, bahwa paketan hari itu diantar ke rumah. 


Kunjungan ke TBM Smart Pustaka

Sebagai tindak lanjut dari pemberian hibah, saya dijadwalkan oleh Pak Eka akan hadir di Jepara akan datang antara 10 – 12 Maret 2024. Persiapan untuk menyambut tamu sudah saya siapkan. Mulai menata tempat, mengajak teman, dan lain sebagainya. 


Sesuai dengan jadwal Pak Eka pustakawan yang kini berusia 58 tahun ini tiba di TBM Smart Pustaka pada 11 Maret 2024 pukul 09.00 WIB. Saya didampingi Mas Asyari Muhammad, Mas Adi Zamzam, dan Mas Kartika Catur Pelita. Sejak pagi hingga pukul 14.30 WIB kami ngobrol gayeng seputar banyak hal tentang taman baca, dunia kepenulisan, hingga isu-isu aktual yang terjadi di tanah air. 


7 kardus hibah buku sebelum dibongkar. 


Ada info menarik yang perlu saya sampaikan di catatan ini bahwa Pak Eka tertarik memberikan hibah buku lantaran postingan di FB 2009 silam. Ia tertarik lantaran TBM Praja Muda waktu bentuknya unik, bisa diakses masyarakat secara umum. 


Info menarik kedua, hibah dari Perpus Kominfo tahun 2024 ini hanya diberikan di 3 titik Jawa (Jepara, red), Sulawesi, dan Sumatera. “Untuk hibah yang dikirimkan ke Jepara ini saya yang pro aktif. Langsung menghubungi Pak Syaiful,” jelasnya. 


Berkenaan dengan hibah Perpustakaan Kominfo dijelaskan Pak Eka bahwa pihaknya memberikan bantuan tiap tahun dengan permohonan proposal. Sehingga yang menerima pun secara bergantian. 


“Terima kasih Perpus Kominfo. Semoga buku-buku bermanfaat untuk masyarakat kami,” harap saya. 


Sebagai pengingat, kehadiran Pustakawan Kominfo ke TBM Smart Pustaka pada 11 Maret 2024 saya gunakan untuk hari lahir meskipun sudah berkontribusi untuk masyarakat luas sejak 2006 silam. (Syaiful Mustaqim)

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Maftuhan
admin
16 Maret 2024 pukul 21.27 ×

Karena keaktifanenya menyediakan buku gratis untuk anak LPS perlu diberi sebuah hadiah dari instansi manapun. Mungkin Taman Baca Rumah Kreatif beralamatkan Jl. Dewi Sartika RT 01 RW 01 Bologarang Penawangan Grobogan Jawa Tengah yang saya kelola juga perlu diberi semangat bentuk rak, buku, dan permainan tradisional.

Congrats bro Maftuhan you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar