Berorganisasi, Bermanfaat Lho…!

https://ibnuarsib.blogspot.com
Sobat Pena, sebagai pelajar tugas kamu tentu belajar mengikuti semua rangkaian Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selama enam hari mulai Senin-Minggu atau Sabtu-Kamis mulai jam tujuh tepat dan berakhir pukul 13.00 atau pun 13.30. kesemuanya itu, dilakukan untuk menopang sisi akademik. Satu hal yang digunakan menopang kualitas akademik yakni dengan belajar individu sungguh-sungguh, belajar kelompok maupun mengikuti bimbingan belajar.

Selain kemapanan kualitas akademik, Sobat Pena juga perlu mengimbanginya dengan kegiatan non-akademik. Bentuk kegiatan non-akademik riilnya berupa aktif dalam organisasi sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler. Adapun beberapa nama organisasi semisal: OSIS, IPNU-IPPNU, IPM, KPI dan Rohis. Sedangkan kegiatan ekskul berupa Pramuka, PMR, PKS, Jurnalistik, KIR, Pecinta Alam, Passus, Musik, Teater, Passus dan lain sebagainya.

Sebagai pelajar tentu Sobat Pena harus memilah dan memilih kegiatan yang pas pada diri kamu. Mentang-mentang di sekolahnya semua organisasi dan ekskul komplit-plit lantas nimbrung di semua kegiatan. Selain itu, biar dikatain aktivis gitu. Eits, jika semua kegiatan kamu ikutin bisa-bisa lupa pulang rumah. Pelajaran sekolah pun jadi kacau balau. Oiya, biar semua berjalan lancar kamu mesti memilih satu maksimal dua kegiatan yang paling pengen kamu tekuni.

Setelah itu, Sobat Pena mesti menekuni kegiatan yang dipilih. Ingat! Ikut satu kegiatan kemudian ditekuni dengan sungguh-sungguh jelas lebih berbobot daripada nimbrung di banyak kegiatan tetapi dijalani dengan setengah-setangah. Bisa jadi hasilnya akan kurang maksimal.

Organisasi dan kegiatan ekskul yang Sobat Pena ikutin tentunya akan bermanfaat hari ini, esok dan yang akan datang. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapetin dari berorganisasi, antara lain:

1. Tambah Pengalaman
Dengan ikut kegiatan di sekolah kamu akan dapetin banyak sekali pengalaman. Pengalaman-pengalaman itu belum tentu kamu dapetin di bangku kelas. Kegiatan satu dengan kegiatan yang lain tentu berbeda pengalaman yang akan didapatkan. Sehingga dengan itu, wawasanmu akan semakin bertambah luas dan berbeda dengan temanmu yang selesai sekolah langsung pulang.

2. Tambah Temen
Teman-teman lain kelas yang sebelumnya belum kamu kenal, lewat organisasi lambat laun akan tambah akrab. Tidak hanya teman satu sekolah saja, dengan berkegiatan kamu bakal punya banyak kenalan dari sekolah lain. Perkenalan itu bisa saat kumpul bareng dalam satu kegiatan maupun dari undangan lembaga untuk mengikuti sebuah kegiatan.

3. Rubah Mental
Dengan berorganisasi mental kamu lambat laun akan berubah. Jika dulu awal mulanya kamu pemalu lama kelamaan kamu akan semakin PD ketika berhadapan dengan siapapun. Selain itu, kamu tentu akan lebih disiplin. Disiplin dalam berorganisasi maupun disiplin dalam belajar karena kamu mesti mengatur waktu sebaik-baiknya. Agar kamu tidak dibenci teman yang lain, dalam berorganisasi harus selalu jujur. Semisal jujur ketika dipercayai untuk mengelola keuangan organisasi.

4. Cakap Berkomunikasi
Organisasi maupun kegiatan sekolah akan melatih kamu cakap dalam berkomunikasi. Cakap bukan berarti cerewet tetapi bisa berkomunikasi dengan siapa pun. Apalagi ketika menemui kepala sekolah dan waka kesiswaan saat akan ngurus sebuah kegiatan. Juga, dalam mengemukakan pendapat ketika rapat maupun diskusi dalam satu organisasi.

5. Belajar Memimpin
Berorganisasi melatih kamu untuk belajar memimpin. Setiap kamu nantinya, adalah calon-calon pemimpin masa depan. Semisal menjadi kepala desa, camat dan Bupati. So, manfaatin yang sebaik-baiknya amanat dari organisasimu. Jadilah ketua, sekretaris, bendahara sesuai dengan porsi masing-masing! Jangan lupa mintalah kritik, saran dan komentar dari gurumu barangkali dalam menjalankan amanat perlu pembenahan. Dari masukan-masukan yang ada, kamu mesti jalankan untuk kebaikan organisasi selanjutnya.

6. Bekal Masa Depan
Setelah lulus dari bangku sekolah dan kamu belum bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, pengalaman-pengalaman yang telah kamu dapatkan bisa dijadikan bekal untuk bermasyarakat. Sementara, bagi kamu yang nerusin ke jenjang pendidikan berikutnya bekal yang sudah kamu miliki bisa kamu lanjutkan dengan mengikuti kegiatan dan organisasi yang sama. Dengan itu, setidaknya kamu telah mengantongi bekal untuk masa depan. Ketika nantinya akan bekerja dan terjun di masyarakat tidak akan merasa gagap dan gugup ketika berhadapan dengan segala hal. (sm)
Previous
Next Post »