![]() |
Sebuah tampilan website. (Foto: Enterpreneur Camp) |
• Bagi organisasi membuat sebuah website adalah perkara yang mudah. Cukup membeli domain beserta hostingnya, organisasi sudah resmi memiliki website.
• Namun ketika sudah dibeli biasanya pihak organisasi merasa kebingungan jika harus mengisinya secara berkala dan berkelanjutan. Ini menjadi problem bersama.
• Karena itu setelah website dibeli Pekerjaan Rumah (PR) berikutnya adalah bagaimana cara mengelolanya secara berkelanjutan.
Pengelolaan Website
SDM (Bagian Pengelola)
- Bidang IT, tugasnya mengurusi semua yang berkenaan tentang website.
- Bidang Desain, mengurus desain di website dan media sosial.
- Penulis (Kontributor) tugasnya menulis berita, reportase, opini, dll.
Konten Website
• Berita (Reportase), berisi tulisan berita dari para penulis atau kontributor.
• Opini, isinya opini (artikel) mengenai suatu tema.
• Agenda, berisi sejumlah agenda kegiatan.
• Profil, isinya berita profil guru berprestasi, inspiratif, dan hal positif lainnya.
• Video, berisi video singkat tentang suatu kegiatan.
Periklanan
• Adsense, iklan adsense berfungsi untuk menopang pengelolaan website.
• Iklan, bisa bersumber dari anggota yang memiliki usaha. Selain itu juga bisa bersumber dari relasi, dan jaringan yang dimiliki. Nominalnya bisa dibicarakan dengan para calon pemberi iklan. (Syaiful Mustaqim)
ConversionConversion EmoticonEmoticon