Panduan Mengelola Website

Sebuah tampilan website. (Foto: Enterpreneur Camp)

Sekadar Pendahuluan

• Bagi organisasi membuat sebuah website adalah perkara yang mudah. Cukup membeli domain beserta hostingnya, organisasi sudah resmi memiliki website. 

• Namun ketika sudah dibeli biasanya pihak organisasi merasa kebingungan jika harus mengisinya secara berkala dan berkelanjutan. Ini menjadi problem bersama. 

• Karena itu setelah website dibeli Pekerjaan Rumah (PR) berikutnya adalah bagaimana cara mengelolanya secara berkelanjutan. 


Pengelolaan Website

SDM (Bagian Pengelola) 

- Bidang IT, tugasnya mengurusi semua yang berkenaan tentang website. 

- Bidang Desain, mengurus desain di website dan media sosial

- Penulis (Kontributor) tugasnya menulis berita, reportase, opini, dll. 


Konten Website

• Berita (Reportase), berisi tulisan berita dari para penulis atau kontributor.  

• Opini, isinya opini (artikel) mengenai suatu tema.  

• Agenda, berisi sejumlah agenda kegiatan.  

• Profil, isinya berita profil guru berprestasi, inspiratif, dan hal positif lainnya.

• Video, berisi video singkat tentang suatu kegiatan.  


Periklanan

• Adsense, iklan adsense berfungsi untuk menopang pengelolaan website.  

• Iklan, bisa bersumber dari anggota yang memiliki usaha. Selain itu juga bisa bersumber dari relasi, dan jaringan yang dimiliki. Nominalnya bisa dibicarakan dengan para calon pemberi iklan. (Syaiful Mustaqim)   

Previous
Next Post »