Agar Jitu Atur Waktu

Tak terasa saat ini kita memasuki tahun baru 1432 Hijriyah. Padahal baru kemarin kita menunaikan puasa Ramadhan, merayakan Idul Fitri dan Idul Adha maupun memeringati hari besar Islam lain. Bagi yang sekolah, baru saja merampungkan semester beberapa bulan mendatang Ujian Nasional (UN) 2011 bagi kamu yang kelas VI SD, XI SMP dan XII SMA.

Tiga hingga empat bulan mendatang bukanlah waktu yang lama tetapi bisa dikatakan pendek. Apalagi kalau target pelajaran mapel yang di-UN-kan belum rampung. Dan waktu yang ada tidak kamu manfaatkan sebaik-baiknya.

Oleh karenanya, waktu akan berjalan terus-menerus dan tidak akan bisa diulang. Tidak ada istilah pemberhentian, memperlambat tetapi waktu berjalan sebagaimana mestinya. Masalah berlalu dengan cepat karena kita sering menyia-nyiakannya. Dengan demikian, saat ini juga kamu mesti selalu mengatur waktumu agar tidak sia-sia dan menyesal di kemudian hari.

1. Jangan Menunda-nunda!
Menunda-nunda merupakan kebiasaan yang kurang baik. PR dari guru, job organisasi maupun tugas rumah kamu cuekin apalagi kalau deadline-nya masih lama. Awalnya kamu tidak akan kewalahan. Tetapi ketika tugas-tugas sudah menumpuk banyak dan sudah deadline semua kamu akan bingung harus memulai dari mana.

2. Atur Jadwal
Kamu mesti mengatur jadwal harianmu baik untuk kegiatan sekolah, organisasi maupun agenda rumah. Tempelkan jadwal tersebut di kamarmu. Untuk jadwal tambahan yang sifatnya insidental bisa kamu cantumkan di white-board. Kalau sudah selesai bisa dihapus, diganti dengan yang lain. Apabila ada suatu kegiatan tabrakan kamu mesti pilih satu diantaranya. Dan hal itu tidak menjadi masalah.

3. Tidur Secukupnya
Terlalu kebanyakan tidur menyebabkan rasa malas. Kurang tidur juga demikian. Sebab hal itu berkaitan dengan kesehatan tubuhmu. Baiknya, tidurlah secukupnya saja. Waktu istirahat gunakanlah untuk tidur; tak perlu bergadang sampai malam-malam. Saat beraktivitas manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Dan jangan sampai terbolak-balik.

4. Aktif dalam Kegiatan
Selain tugasmu belajar dan membantu orang tua di rumah kamu juga boleh aktif dalam berbagai kegiatan asal tidak saling berbenturan satu dengan yang lain. Contohnya aktif dalam Kerohanian Islam (Rohis), Kelompok Pelajar Islam (KPI) dan lain sebagainya. Kegiatan yang kamu ikuti saat ini suatu saat nanti akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

5. Buat Target
Kamu mesti memiliki target. Semisal target belajar sungguh-sunguh agar mendapatkan rangking maupun beasiswa, dalam seminggu mesti merampungkan membaca satu buku dan sebagainya. Dengan adanya target niscaya waktu yang ada kamu manfaatkan dengan semaksimal mungkin.

6. Berpikir untuk Masa Depan
Berpikir untuk masa depan merupakan hal positif karena yang ada dalam otak adalah langkah untuk maju. Semisal kamu harus sudah menghitung berapa tahun untuk menempuh studi SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Setelah itu dilanjut dengan kerja apa hingga sampai kepada jenjang pernikahan dan seterusnya. (*)
Previous
Next Post »