Tepat Waktu, Yuk!

http://rahmianarahman.blogspot.com
KEBIASAAN tepat waktu merupakan perilaku yang positif. Siapa pun orangnya pasti demen sama sosok yang tepat waktu, entah itu guru di sekolah, dosen di kampus, kekasih alias pacar maupun temen dalam organisasi. Hasilnya, guru piket di sekolah nggak bakal ngasih hukuman lagi; dosen pun demikian nggak akan marah-marah gara keterlambatan kamu; gebetanmu tentu akan bertambah rasa cinta dan sayangnya, begitu pula kerabatmu dalam organisasi akan semakin menghormati dan menghargaimu.

Mereka semua pasti mendambakan orang yang biasa tepat waktu. Selain itu, kamu pasti akan dapat apresiasi dan penghargaan dari orang-orang dekat. Oiya, gimana sih caranya?

1. Bikin Jadwal Harian
Kamu mesti membikin yang namanya jadwal harian (lengkap dengan hari dan jamnya). Jadwal yang kamu buat bisa berupa agenda sekolah, kampus, organisasi maupun nge-date sama gebetan. Kemudian, skedul itu kamu tempelin di dinding kamar atau di mana aja. Yang penting saat kamu membuka mata bisa melihatnya.

2. Tentuin Prioritas
Jika kamu adalah tipe orang yang supersibuk, tentu kamu memiliki aktivitas seabrek. Bila suatu ketika kamu nemuin jadwal yang dobel maka jalan utamanya adalah dengan mutusin agenda yang paling penting atau boleh dikata kegiatan yang menjadi skala prioritas yang kamu pilih.

3. Siapin Keperluan Sebelumnya
Daripada saat akan beraktivitas kamu buru-buru (baru nyiapin ini dan itu) maka sebelum bepergian semua bekal, perlengkapan, dan peralatan yang kudu dibawa dipersiapin terlebih dahulu. Dan, saat akan bepergian cek lagi kelengkapan yang akan dibawa barangkali ada yang kurang.

4. Usahain Datang Lebih Awal
Kebiasaan on-time bukan berarti harus datang tepat waktu. Lebih dari itu, kamu mesti datang lebih awal. Artinya, hadir ke tempat yang akan dituju mepet-mepetnya sepuluh menit sebelum kegiatan dimulai. Afdolnya, seperempat atau setengah jam sebelum dimulai, kamu sudah ada ditempat.

5. Aktifin Alarm
Namanya juga manusia pasti sering ngalamin kelupaan. Makanya telepon genggam, jam dinding maupun jam weker yang kamu punya diaktifin alarmnya. Pada saat hape dan jam itu bunyi kamu akan langsung ingat pada aktivitas yang bakal dijalanin.

Menjadi orang yang tepat waktu adalah sebuah kebiasaan. Jika awal mulanya sangatlah berat untuk njalaninnya namun lama kelamaan muncul kebiasaan dengan sendirinya. Bagi yang sudah, selamat menjadi orang yang tepat waktu. Dan buat yang belum, selamat mencoba! (sm) 

Dipublikasikan : Suara Merdeka, 16 Mei 2010
Previous
Next Post »